Skripsi
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas VII A,B pada mata pelajaran PAK di SMP Negeri 20 Kupang tahun pelajaran 2016/2017
ABSTRAK
Okwil Y. Y. Mina *) Pdt. Dr. M. A. P. Dethan,MA **Drs. Yansenius Hano, M.Pd**)
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Dari pengalaman peneliti saat pelaksanaan PPL di kelas VII pada SMP Negeri 20 Kupang, peneliti menemukan berbagai permasalahan salah satunya dari pengamatan yaitu cara belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran belum serius, salah satu contoh kecilnya dikasi tugas tapi tidak semua siswa mengerjakan. Hal tersebut mengakibatkan nilai belajar siswa pada mata pelajaran PAK masih rendah. Berdasarkan penelusuran dokumen yang dilakukan peneliti saat melakukan observasi di SMPN 20 Kupang diperoleh data nilai siswa kelas VII A dan kelas VII B yang dilaksanakan pada saat ujian akhir semester tahun ajaran 2016/2017 sebagai berikut: (hal. 4) berdasarkan dokumentasi dari guru. Berdasarkan tabel di hal.4, data yang penulis peroleh dari guru PAK saat melaksanakan observasi pada kelas VII A, B di SMP Negeri 20 Kupang menunjukkan bahwa dari sekian banyak siswa hanya beberapa saja yang tuntas. Ketuntasan nilai siswa sangat berpatokan pada suatu model pembelajaran. Tinggi rendahnya nilai belajar yang diperoleh siswa disebabkan banyak faktor, baik dari dalam diri siswa itu sendiri maupun dari luar diri siswa. Oleh karena itu penulis ingin menerapkan model pembelajarn student facilitator and explaining. Maka yang menjadi perumusan masalah adalah Apakah terdapat perbedaan pretasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional? Tujuan penelitian ini adalah Berdasarkan rumusan masalah yang di sajikan diatas maka penulis dapat menentukan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa-siswi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda dengan metode yang konvensional pada kelas VII A, B SMP Negeri 20 Kupang. Kemudian peneliti menganalisa hasil prestasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran tersebut.Untuk mendapat data yang akurat maka teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik tes. Tes dilaksanakan untuk mengetahui pemahaman siswa yang diajar dengan model pembelajaran yang berbeda. Hasil penelitian ditemukan bahwa : Nilai t hitung adalah -9.083 dan df=11 maka diperoleh sig (2 tailed) atau p-value sebesar 0. Nilai p-value tersebut lebih kecil dibandingkan dengan level alfa (0.025). maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen.Di samping menggunakan perbandingan p-value dengan level alfa untuk menarik kesimpulan hipotesis. Peneliti dapat menggunakan perbandingan t hitung dengan t tabel. Apabila nilai t hitung lebih kecil dari t tabel maka Ho diterima. Sebaliknya bila t hitung lebih besar dai t tabel maka Ho diterima.Peneliti dapat mencari t tabel, seperti pada pelajaran sebelumnya di SPSS. Peneliti gunakan tingkat kepercayaan (0.975) atau level alfa 0.025 two tails dan df=11, maka diperoleh t tabel = 2.200. nilai t hitung (9.083) lebih besar dari nilai t tabel (2.200) maka Ho di tolak. Jadi ada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan analisis data tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas VII A sedangkan kelas VII B menggunakan metode yang konvensional tidak memberi pengaruh posetif . Maka model pembelajaran student facilitator and explaining dianggap menjadi suatu model yang baik karena dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining ada keuntungan yang bisa diperoleh. Disimpulkan bahwa Hasil hitung
menggunakan microsoft ecxel dengan SPSS digunakan tingkat kepercayaan (0.975) atau level alfa 0.025 two tails dan df=11, maka diperoleh t tabel = 2.200. nilai t hitung (9.083) lebih besar dari t tabel (2.200) maka Ho di tolak. Jadi ada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Kata kunci : Model pembelajaran, Student Facilitator And Explaining, prestasi belajar
1.125/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain