Skripsi
Tinjaun tentang proses Pembelajaran permainan sepak bola di kelas V Sekolah Dasar Negeri Haenbaun Kecamatan Amarasi Timur tahun pelajaran 2017/2018
ABSTRAK
Hesron Tae Tnunay, Nim 13320122, dengan judul skripsi “Tinjauan Tengtang Proses Pembelajaran Permainan Sepak Bola Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Haenbaun Kecamatan Amarasi Timur Tahun Pelajaran 2017/2018†Pembimbing I David Loba, S.Pd,M.Pd dan Alventur Baun, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) merupakan bagian dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, ketrampilan gerak, ketrampilan berfikir kritis, ketrampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek hidup sehat, dan kesehatan. Kurangnya mutu dan kualitas guru saat mengajar sehingga pada akhir pembelajaran masih ada siswa yang tidak aktif dan pada akhirnya diberikan lagi tugas atau PR . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Pembelajaran Permainan Sepak Bola Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Haenbaun Kecamatan Amarasi Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni peneliti menggunakan data-data yang tidak berhubungan dengan angka statistik. Hanya bersifat menggambarkan, menjelaskan, serta menguraikan suatu masalah yang terjadi pada obyek atau subyek penelitian guna mengetahui Proses Pembelajaran Permainan Sepak Bola Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Haenbaun Kecamatan Amarasi Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V. Data dikumpulkan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa proses pembelajaran sepak bola dalam perencanaan pembelajaran perlu ditingkatkan karna model pembelajaran penjas dalam konteks pendidikan jasmani lebih banyak berkembang berdasarkan orientasi dan model kurikulumnya. Kesimpulannya dalam perencanaan pembelajaran permainan sepak bola perlu di tingkatkan karna model pembelajaran penjasorkes lebih bangak berkembang berdasarkan orientasi dan dan kurikulumnya, dalam pembelajaran penjasorkes, guru cukup mampu dalam pelaksanaan pembelajaran baik itu pengelolaan kelompok maupun individu. Penggunaan metode pembelajaran maupun penggunaan media dan sumber belajar dan evaluasi pembelajaran penjasorkes, guru belum melakukan berbagai strategi dan penilaian untuk memantau kemajuan siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Proses Pembelajaran Penjasorkes.
758/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain