Skripsi
Pengaruh penggunaan metode ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAK di SMP Negeri Satu Atap Nununamat tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAANMETODE CERAMAHBERVARIASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAK DI SMPNEGERI SATU ATAP NUNUNAMATTAHUN AJARAN 2016/2017
Nenotek, Y.P)* Manggoa, M)** Natonis, D)** Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tidak dapat di tinggalkan. Dalam proses pembelajaran yang sangat diharapkan adalah keaktifan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran diharapkan agar siswa lebih aktif. Dalam pengamatan di SMP Negeri Satu Atap Nununamat proses pembelajaran PAK yang dilakukan oleh guru didominasi metode ceramah tidak bervariasi sehinggamenyebabkan rendahnya prestasi belajar. Dari masalah tersebut maka penulis menulis karya ilmiah dengan judul “Pengaruh PenggunaanMetode CeramahBervariasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAK Di SMP Negeri Satu Atap NununamatTahun Ajaran 2016/2017â€ÂÂ. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode ceramah bervariasi terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran PAK ?.Identifikasi masalah dalam penelitianadalah pembelajaran didominasi metode ceramah dan prestasi belajar siswa yang rendah pada SMP Negeri Satu Atap Nununamat. Penelitiandilaksanakan mulai dari tanggal 18 Juli s/d 01 Agustus 2016 di SMP Negeri Satu Atap Nununamat tahun ajaran 2016/2017 dengan jenis penelitian metode eksperimen, teknik pengumpulan data melalui Test (test awal dan test akhir). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung(4,21)>ttabel(1,729)maka tolak H o terima H1 artinya ada pengaruh penggunaan metode ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VIIb SMP Negeri Satu Atap Nununamat. Oleh sebab itu penggunaan metode ceramah bervariasi sangat penting, sebab bila dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah tanpa bervariasi maka siswa akan merasa kebingungan dan kesulitan untuk memahami materi pembelajaran akibatnya tujuan belajar kurang tercapai secara maksimal. Kata kunci : Metode Ceramah Bervariasi Dan Prestasi Belajar Keterangan :  : Penulis ** : Pembimbing
298/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain