PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Pengaruh penggunaan metode ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAK di SMP Negeri Satu Atap Nununamat tahun ajaran 2016/2017

NENOTEK,Yanrifus P. - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAANMETODE CERAMAHBERVARIASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAK DI SMPNEGERI SATU ATAP NUNUNAMATTAHUN AJARAN 2016/2017
Nenotek, Y.P)* Manggoa, M)** Natonis, D)** Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tidak dapat di tinggalkan. Dalam proses pembelajaran yang sangat diharapkan adalah keaktifan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran diharapkan agar siswa lebih aktif. Dalam pengamatan di SMP Negeri Satu Atap Nununamat proses pembelajaran PAK yang dilakukan oleh guru didominasi metode ceramah tidak bervariasi sehinggamenyebabkan rendahnya prestasi belajar. Dari masalah tersebut maka penulis menulis karya ilmiah dengan judul “Pengaruh PenggunaanMetode CeramahBervariasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAK Di SMP Negeri Satu Atap NununamatTahun Ajaran 2016/2017”. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode ceramah bervariasi terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran PAK ?.Identifikasi masalah dalam penelitianadalah pembelajaran didominasi metode ceramah dan prestasi belajar siswa yang rendah pada SMP Negeri Satu Atap Nununamat. Penelitiandilaksanakan mulai dari tanggal 18 Juli s/d 01 Agustus 2016 di SMP Negeri Satu Atap Nununamat tahun ajaran 2016/2017 dengan jenis penelitian metode eksperimen, teknik pengumpulan data melalui Test (test awal dan test akhir). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung(4,21)>ttabel(1,729)maka tolak H o terima H1 artinya ada pengaruh penggunaan metode ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VIIb SMP Negeri Satu Atap Nununamat. Oleh sebab itu penggunaan metode ceramah bervariasi sangat penting, sebab bila dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah tanpa bervariasi maka siswa akan merasa kebingungan dan kesulitan untuk memahami materi pembelajaran akibatnya tujuan belajar kurang tercapai secara maksimal. Kata kunci : Metode Ceramah Bervariasi Dan Prestasi Belajar Keterangan :  : Penulis ** : Pembimbing


Ketersediaan
298/17PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 71 KIP-IPT 16
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi., 2016
Deskripsi Fisik
xi,56 hal.; bibl.; lamp.; ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 371.3 072 598 554
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PENGAJARAN(PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN)--PENEL
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yanrifus P.Nenotek
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik