Skripsi
Pengembangan media pembelajaran senam irama melalui tarian daerah "Bonet" berbasis Audio Visual pada siswa kelas V SD Negeri Retraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang
ABSTRAK
Mehelina Babis, NIM: 12320312, “Pengembangan Media Pembelajaran Senam Irama Melalui Tarian Daerah “Bonet†Berbasis Audio Visual pada Siswa Kelas V SD Negeri Retraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang.†Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I Bapak Robert Tetikay, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing IIBapak JamesK.Lika, S.Pd,M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Senam Irama, Tarian Daerah“Bonetâ€ÂÂ,AudioVisual.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu berdasarkan observasi awal yang menunjukkan, bahwa Belum adanya pembelajaran senam dalam bentuk tarian bagi siswa di sekolah dengan menggunakan media audio visual. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran senam irama Bonet berbasis audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Retraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yakni dilakukan untuk mengetahui nilai masing-masing variabel, baik satu atau lebih sifatnya independen tanpa membuat hubungan maupun perbandingan dengan variabel yang lain, yang dilakukan selama ± 2 (dua) bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1) angket, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Analisis data angket dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase guan mencaritau produk media pembelajaran senam irama Bonet berbasis audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Retraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) data hasil uji coba kelompok kecil yaitu: hasil uji coba produk yang diikuti oleh 5 orang siswa kelas V memperoleh penilaian sebagai berikut “Sangat Baik†83%, “Baik†17% dari 20 pertanyaan. 2) data hasil uji coba kelompok besar yaitu: hasil uji coba produk yang diikuti oleh 10 orang siswa kelas VI SD Negeri Retraen Kab. Kupang, memperoleh penilaian sebagai berikut “Sangat Baik†82% dan yang mengatakan “Baik†16% dari 20 pertanyaan yang diberikan. Maka saran yang peneliti sampaikan kepada guru pendidikan penjasorkes diharapkan dapat mengembangkan Media Pembelajaran Senam Irama Melalui Tarian Daerah “Bonet†berbasis audio visual sebagai produk yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaianmateri pembelajaran.
654/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain