Skripsi
Peran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebagai pembentuk karakter anak di SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang
ABSTRAKSI
JEMSI BANA, NIM: 12320163 “PERAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER ANAK DI SD GMIT KUANINO 3 KOTA KUPANG†Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I JAMES K. LIKA., S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II JIMMY CH ATTY., S.Pd, M.Fis
Kata kunci: Pendidikan Jasmani Dan Pembentukan Karakter
Pendidikan jasmani tidak hanya sekedar untuk kebugaran tubuh saja, tetapi juga melatih jiwa untuk berpikir sehat dan kritis yang diperlukan guna melahirkan individu Indonesia yang berkarakter. Karakter adalah sikap, tabiat, akhlak, kepribadian yang stabil sebagai hasil proses konsolidasi secara progresif dan dinamis. Berdasarkan konsep di atas maka permasalahan utama yang ingin diteliti adalah: “Peran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sebagai Pembentuk Karakter Anak di SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang? Tujuannya untuk mengetahui peran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebagai pembentuk karakter anak di SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode triangulasi data dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang dalam waktu kurang lebih 2 (dua) bulan. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penjas, guru wali kelas dan siswa/i. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemebelajaran penjasorkes di SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang berperan dalam pembentukan karakter anak. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa peran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebagai pembentuk karakter anak di SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang. sangat berhasil merubah sikap dan perilaku serta mampu membawa siswa hidup nyaman dan aman di lingkungan yang bersih dan indah sehingga pembelajaran yang di rancang tidak hanya berpatokan pada pengetahuan dan psikomotor tapi juga pada aspek kognitif dengan demikian maka pembelajaran dapat mencapai tujuan pendidikan seutuhnya.
596/16 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain