PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Modifikasi sarana dan prasarana dalam meningkatakan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang

Skripsi

Modifikasi sarana dan prasarana dalam meningkatakan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang

NDOLU, Yermias - Nama Orang;

ABSTRAK

MODIFIKASI SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS VIII DI SMPNEGERI 10 KUPANG

Yerimias Ndolu1*, Ramona M. Mae2, Yahya J. Palinata3

1,2,3Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia

email. ndoluyer@gmail.com


Latar belakang: Pembelajaran tersebut harus diperhatikan oleh seorang guru dalam memilih dan menentukan model atau metode pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan kondusif.Berdasarkan hasil pengamatan penulis selama melakukan PPL di SMP Negri 10 Kota Kupang selama kurang lebih 1 semester, penulis mengamati bahwa hasil belajar siswa pada materi lompat jauh masih rendah, karena tidak sesuai dengan standar kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) Yang diberikan oleh sekolah yaitu 75. Dari 20 siswa hanya 3 siswa yang nialainya diatas 75 sedangkan 17 siswa nialainya masih dibawah 75.Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi tidak adanya sarana prasarana yang menunjang selama proses pembelajaran penjasorkes khususnya pada metari lompat jauh.

Tujuan penelitian:Untukmengetahuimodifikasi sarana prasarana dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitiantindakan kelas ( PTK ), menggunakan model yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan (planing), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting).
Hasil dan pembahasan: hasil belajar Pada siklus I presentase pemahaman siswa mencapai 46,42%. Pada siklus II presentase pemahaman mencapai 85,71%.Pada siklus I presentase keterampilan psikomotor mencapai 50%. Pada siklus II presentase keterampilan psikomotor mencapai 96,42 % .Pada siklus I presentase rata-rata pengamatan sikap sebesar 53,57%. Pada siklus II presentase sikap mencapai 92,85%.

Simpulan: Bahwa hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VIII di SMPN 10 Kupang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Katakunci: Lompat Jauh; hasil Belajar.



Ketersediaan
553/22S 89 KIP-OR 21PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 89 KIP-OR 21
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP-PJKR., 2021
Deskripsi Fisik
xvi, 74 hal.: ill.; bibl.; lamp.; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 796. 432 072 NDO m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
LOMPAT JAUH--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yermias Ndolu
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik