Skripsi
Modifikasi sarana dan prasarana dalam meningkatakan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang
ABSTRAK
MODIFIKASI SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS VIII DI SMPNEGERI 10 KUPANG
Yerimias Ndolu1*, Ramona M. Mae2, Yahya J. Palinata3
1,2,3Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia
email. ndoluyer@gmail.com
Latar belakang: Pembelajaran tersebut harus diperhatikan oleh seorang guru dalam memilih dan menentukan model atau metode pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan kondusif.Berdasarkan hasil pengamatan penulis selama melakukan PPL di SMP Negri 10 Kota Kupang selama kurang lebih 1 semester, penulis mengamati bahwa hasil belajar siswa pada materi lompat jauh masih rendah, karena tidak sesuai dengan standar kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) Yang diberikan oleh sekolah yaitu 75. Dari 20 siswa hanya 3 siswa yang nialainya diatas 75 sedangkan 17 siswa nialainya masih dibawah 75.Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi tidak adanya sarana prasarana yang menunjang selama proses pembelajaran penjasorkes khususnya pada metari lompat jauh.
Tujuan penelitian:Untukmengetahuimodifikasi sarana prasarana dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitiantindakan kelas ( PTK ), menggunakan model yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan (planing), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting).
Hasil dan pembahasan: hasil belajar Pada siklus I presentase pemahaman siswa mencapai 46,42%. Pada siklus II presentase pemahaman mencapai 85,71%.Pada siklus I presentase keterampilan psikomotor mencapai 50%. Pada siklus II presentase keterampilan psikomotor mencapai 96,42 % .Pada siklus I presentase rata-rata pengamatan sikap sebesar 53,57%. Pada siklus II presentase sikap mencapai 92,85%.
Simpulan: Bahwa hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VIII di SMPN 10 Kupang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.
Katakunci: Lompat Jauh; hasil Belajar.
553/22 | S 89 KIP-OR 21 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain