Skripsi
Meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola melalui variasi bermain gawang segi tiga
ABSTRAK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI BERMAIN GAWANG SEGITIGA
Sesilia Lawa1*, David Loba2, Christin P.M. Rajagukguk3
1,2,3Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia
email. sesilialawa96@gmail.com
Latar belakang: Pendidikan pada hakikatnya mencakup kegiatan mendidik, mengajar dan melatih. kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai positif.
Tujuan penelitian: Untuk meningkatkan hasil belajar passing melalui variasi bermain gawang segi tiga.
Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom Action Research (CAR).
Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa permainan sepak bola teknik dasar passing kaki bagian dalam dapat meningkatkan ketrampilan passing kaki bagian dalam siswa kelas VI SD Inpres Lasiana. Peningkatan ketrampilan passing kaki bagian dalam dapat dilihat dari nilai pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai ketuntasannya adalah 67,5%, dan pada siklus II menjadi 78%. Nilai rata-rata ketrampilan passing kaki bagian dalam juga meningkat, yaitu pada siklus I adalah 48, pada siklus II menjadi 83. Data tersebut menunjukkan peningkatan ketrampilan passing kaki bagian dalam pra siklus sampai dengan siklus dua.
Simpulan: Dari Hasil Analisis yang diperoleh selama peneliti terdapat peningkatan dari kondisi awal ke siklus 1 sampai siklus 2.
Kata kunci: Hasil belajar passing; permainan sepak bola; variasi bermain
561/22 | S 14 KIP-OR 22 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain