Skripsi
Pengaruh Metode Eksperimen berbasis Praktikum terhadap Aktifitas belajar siswa di sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) Iman Posmanu.
ABSTRAK
Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Praktikum Terhadap Aktifitas Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) Iman Posmanu Tahun Ajaran 2019/20120”
Tefa E, A )* Meha A. M )** Manu S. T )**
Kurangnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di SMTK Iman Posmanu karena guru mata pelajaran hanya menerapkan metode ceramah dan tidak pernah menerapkan metode prakrikum selama pertemuan di dalam kelas, namun Menurunnya nilai siswa dalam mata pelajaran IPA di SMTK Iman Posmanu. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen berbasis praktikum sederhana terhadap Aktivitas belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMTK Iman Posmanu dengan jumlah siswa 32 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi yaitu melakukan pengamatan langsung di lapangan. Teknik analisis data yang di peroleh. Selain itu juga dapat di lihat dari Skor aktifitas belajar siswa pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 66 lebih besar dari aktifitas belajar siswa pada kelompok kontrol yaitu 53 dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan berpengaruh terhadap aktifitas belajar Siswa Kelas XI disekolah menengah teologi kristen (SMTK) Iman Posmanu Hal ini ditujukan melelui hasi luji t.
397/22 | S 138 KIP-BIO 20 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain