Skripsi
Analisis kebiasaan-kebiasaan belajar siswa sebelum Pandemi dan Masa Pandemi di SMP Negeri 8 Kupang
ABSTRAK
ANALISIS KEBIASAAN-KEBIASAAN BELAJAR SISWA SEBELUM PANDEMI DAN MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 8 KUPANG
Hunga T.* Manu L.** Metboki M.**
Kebiasaan belajar merupakan proses yang terjadi pada sesesorang baik yang dilakukan di sekolah maupun dirumah untuk mencapai tujuan tertentu yang dilaksanakan secara rutin sehingga menjadi suatu kebiasaan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasaan- kebiasaan belajar siswa sebelum pandemi dan masa pandemi di SMP Negeri 8 Kupang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode deskriptif-kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian iniakan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh antarakebiasaan belajar siswasebelum pandemi dan masa pandemi di SMP Negeri 8 Kupang. Dimana uji t membuktikan bahwa untuk taraf signifikan 5% diperoleh nilai t tabel -0,8654. Dan menyatakan bahwa t hitung < t tabel (-0,8654< 2,110) Yang artinya adalah hipotesis penelitian Ha diterima karena terdapat pengaruh yang signifikanantara kebiasaan belajar siswasebelum pandemi dan masa pandemi di SMP Negeri 8 Kupang. Yang juga dapat dinyatakan besaran hubungannya sebesar 74,89% yang dibuktikan melalui menghitung koofisien determinasi, dengan cara menguadratkan koofisien yang ditemukan yaitu sebagai berikut: dimana (-0,8654)2 x 100 = 74,89%. Jadi kebiasaan belajar siswasebelum pandemi dapat dipengaruhi dari kebiasaan belajar siswa saat pandemi.
Kata Kunci: Kebiasaan belajar siswa sebelum pandemi dan masa pandemi
Keterangan:
*) : Penulis
**) : pembimbing
523/22 | S 34 KIP-IPT 21 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain